Papercraft
memang masih jarang yang tahu, namun sebenarnya arti terjemahannya
adalah kerajinan tangan dari bahan kertas. Usaha papercraft masih
terbilang baru di Indonesia karenanya peluang sebagai pebisnis dibidang
papercraft masih terbuka lebar. Papercraft menawarkan keunikan
tersendiri karena bahannya terbuat dari kertas maka model kerajinan
kertas ini dapat dibuat dengan berbagai bentuk sesuai dengan trend
pasar. Selain itu pasar untuk papercraft terbuka lebar tidak hanya dapat
dijual dipasar domestik namun dapat pula menyasar pasar internasional
asal anda paham tatacara pembayaran dan cara pengirimannya. Namun bila
pemahaman anda terbatas, peluang pasar domestik juga masih terbuka
lebar.
Seperti
halnya dalam industri kerajinan, modal utama dalam papercraft adalah
kekayaan ide dalam berinovasi, kerapihan dan ketrampilan tangan dalam
membuat papercraft adalah faktor yang membangun keunggulan usaha anda
dibidang ini. Namun bagi anda yang masih minim ide tentang model-model
papercraft dapat mencari dengan bantuan goggling, nanti akan banyak
ketemu sumber yang dapat didonlot berbagai model. Sebagai tambahan,
berbisnis papercraft tidak memerlukan investasi yang mahal karena bahan
bakunya hanya kertas namun investasi yang agak mahal adalah untuk
pembelian printer + tinta anti air.
Wirausaha
dibidang papercraft ini juga terbagi beberapa jenis usaha yang dapat
ditekuni sesuai dengan kemampuan anda. Pada dasarnya bisnis papercraft
terbagi dalam :
1. Desainer papercraft
2. Penyedia bahan papercraft
3. Papercraft builder
4. Penyedia jasa printing
Jadi dalam
usaha papercraft, anda dapat menyesuaikan bidang apa yang cocok dengan
kemampuan masing-masing orang. Kalau anda mempunyai kemampuan olah
gambar maka sebagai desainer papercraft atau bagi yang hanya punya
ketrampilan tangan saja maka sebagai papercraft builder dapat dipilih.
Segmentasi pasar
Dalam bisnis papercraft ini, segmen pasarnya dapat digolongkan kedalam:
a. Papercraft avatar
Sebagai
produk akhirnya adalah wajah manusia yang diambil dari foto dan kemudian
dipadukan dengan bentuk badan yang ingin dipilih, bisa dalam bentuk
badan biasa atau dengan bentuk badan lainnya, misalkan dengan bentuk
superhero dsb.
b. Paper toys
Seperti
namanya, papercraft ini seringkali berbentuk wajah lucu-lucu, dengan
bentuk wajah dan badan yang sudah distyling tidak sama persis dengan
bentuk manusia karena bentuknya kemudian dalam wujud persegi.
c. Papercraft automata
Papercraft
jenis ini agak sulit dalam proses pembuatannya karena menyangkut teknik
yang agak rumit karena produk papercraft ini harus dapat bergerak bisa
dalam bentuk komidi putar, permainan bola dsb
d. Papercraft replika
Papercraft
jenis ini mengambil bentuk-bentuk obyek asli namun dengan skala yang
diperkecil misalnya dalam bentuk kapal, pesawat, bangunan dsb.
e. Blank papercraft
Produk papercraft masih dalam bentuk polos belum diwarnai, dan konsumen sendiri nanti yang akan memberi warnanya.
Pemasaran Offline
Pemasaran
papercraft dapat dilakukan dengan membuka gerai di pusat perbelanjaan
yang ramai. Namun saat ada arena bazaar atau pameran, event ini akan
lebih mendorong branding produk anda dibenak calon konsumen karena lebih
banyak pengunjung yang datang. Dalam bazaar tersebut seringkali untuk
produk-produk unik tentu saja segera akan menarik perhatian pengunjung.
Keikutsertaan dalam bazaar atau pameran ini adalah salah satu langkah
awal dalam memperkenalkan bisnis anda ke khalayak konsumen, jadi jangan
sia-siakan bilamana ada event-event semacam pameran atau bazaar.
Pada saat
saat awal ini mungkin penjualan anda belum terlalu banyak, namun jangan
putus asa bangun hubungan yang lebih hangat dengan calon konsumen dengan
memberikan brosur/leaflet tentang produk anda. Dan jangan pelit ilmu,
bagikan ilmu cara-cara pembuatan papercraft kepada calon konsumen.
Bilamana mereka tertarik tentu kemudian mereka akan mencari anda. Jalin
sebanyak mungkin komunikasi dan jaringan kepada calon konsumen. Pada
akhirnya jika mereka sudah percaya dengan anda, yakin pesanan dari
konsumen akan produk papercraft yang lucu-lucu akan datang kemudian.
Online
Pemasaran
offline tentu saja ada kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya calon
konsumen akan tahu persis tentang karakterisitik produk secara langsung
karena mengamati secara langsung, namun untuk urusan biaya tentu saja
lebih mahal. Sewa gerai dibazaar atau pameran tentu saja mahal. Namun
bila anda punya dana yang terbatas dapat pula melakukan pemasaran
melalui saluran online alias memakai internet. Internet memang mempunyai
banyak keunggulan dibandingkan pemasaran offline termasuk jangkauan
area pemasarannya sangat luas bahkan pasar internasional dapat anda
sasar tergantung kesiapan dan kemampuan anda.
Anda dapat
membuat semacam blog untuk membangun jaringan sekaligus tempat showroom
papercraft anda. Banyak tempat penyedia layanan blogging gratis yang
bisa dipilih dari wordpress, blogspot, multiply dan lain sebagainya.
Bila anda masih belajar tentu saja menggunakan domain nama dari penyedia
layanan blogging tersebut. Namun untuk membangun reputasi bisnis
papercraft perlu dipikirkan untuk mempunyai domain sendiri yang
berbayar. Untuk memperoleh domain plus biaya hosting bisa anda tentukan
sendiri budgetnya, namun tidaklah mahal. Dengan anggaran 300 – 500 rb,
anda sudah mendapatkan domain yang anda pilih plus layanan hostingnya.
Atau kalau anda lebih cerdik lagi anda hanya perlu sewa domain yang
harganya Rp 100 rb an/setahun dengan free hosting cost dengan blogspot
sebagai hostnya.
Sedangkan
bila anda ingin membuka toko onlinenya banyak tersedia layanan online
shop yang gratis. Anda bisa memilih apakah produk papercraft anda mau
dijual di tokopedia, dinomarket, kaskus, store.plasa dan masih banyak
lagi.
No comments:
Post a Comment